Selasa, 24 Juli 2012

Olimpiade London 2012

Persaingan China dan Amerika Serikat di Olimpiade
Olimpiade London 2012 - London 2012 Olympics - Persaingan China dan Amerika Serikat di Olimpiade - Olimpiade Pesta Olahraga Terbesar di Dunia - Sepanjang perhelatan Olimpiade, Amerika Serikat memang negara yang selalu mendominasi. Sejak diadakan tahun 1896 negara adi kuasa itu telah 15 kali menjadi juara umum, total 930 emas, 728 perak, dan 639 perunggu mereka kumpulkan dari 25 kali keikut-sertaan mereka diajang olahraga terbesar antar bangsa sedunia itu.

Olimpiade London 2012
Namun dalam tiga event terakhir Negeri Paman Sam mendapat saingan serius dari Negara Tirai Bambu China usai menduduki peringkat 3 di Olimpiade Sidney 2000 silam, 4 tahun kemudian China mengalami kemajuan dengan menjadi Runer Up di Olimpiade Athena 2004. Perolehan medali emas China hanya terpaut 3 dari Amerika yang saat itu keluar sebagai juara umum. Tapi China patut berbesar hati, karena atlit yang dikirimkan ke Athena lebih sedikit dibandingkan Amerika.

Olimpiade Beijing
Puncak kejayaan China akhirnya terjadi di tahun 2008 kala mereka menjadi tuan rumah Olimpiade Beijing. China keluar sebagai juara umum sekaligus mengakhiri dominasi Amerika yang berada di peringkat ke-2. Negara yang terkenal dengan tembok raksasa ini memperoleh 100 medali dengan 51 emas, 21 perak, dan 28 perunggu. Kantong-kantong medali yang biasanya dikuasai Amerika Serikat berhasil mereka rebut khusunya di cabang senam dan loncat indah. Rekor pantastik diperoleh dari cabang tenis meja, diman China berhasil menyapu bersih medali emas dari cabang ini. Amerika masih menjadi raja di cabang Atletik dan Renang.

Olimpiade London
Dan kini patut kita tunggu, seberapa sengitkah persaingan China dan Amerika Serikat di ajang Olimpiade London nanti? Mengingat dua negara ini berambisi menjadi yang terhebat dengan mengirimkan atlit-atlit terbaik mereka?!
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar